PERAN GURU INFORMATIKA DALAM
KURIKULUM ERA PASCA PANDEMI
Menjadi Tulang Punggung
Transformasi Pendidikan.
Pemateri 1 : Prof. Bichardus Eko Indrajit
Kelebihan guru informatika adalah selain menjadi guru atau ilmu
pendidikan yaitu juga mempunyai ilmu atau skill IT. Dalam masa pandemi seperti
ini seorang guru informatika sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran yang
menggunakan sistem Daring (online), karena seorang guru informatika yang
memiliki ilmu IT yang sangat dibutuhkan dimasa seperti ini.
Pola pikir PJJ. Tata kelola dan manajemen PJJ. Pola pikir kita harus berubah
karena pendemi seperti ini. Kita harus mencari strategi yang tepat agar proses
pembelajaran tetap berjalan walau di masa pandemi. Dengan kondisi seperti siswa ini, diharapkan mempunyai kultur PJJ maksudnya dengan pola pikir tidak mengandalkan
kepada guru. Maksud dari Literasi PJJ adalah diri sendirilah yang menjadi guru,
lingkungan, masyarakat, internet juga menjadi guru. Peran seorang guru hanyalah
sebagai Pengkonfirmasi atau pemberi solusi kepada siswa jika siswa mengalami
kesulitan.
Teknologi literasi artinya guru harus mengajari anak-anak dari SD sampai
kuliah dengan mengajarkan kepada mereka harus mempunyai literasi Teknologi. Karena
seorang anak harus diajarkan literasi Teknologi, maka seorang guru juga harus
bisa menguasai Literasi Teknologi. Knowladge Depening yaitu anak belajar
sendiri dengan mencari bahan pembelajaran di Internet dan mendalami ilmunya secara
mandiri. Knowladge creation yaitu membuat sebuah produk / hasil dari belajar
mandiri yang menggunakan Teknologi literasi dan Knowladge Depening.
Maka dari itu agar anak bisa menerapkan ketiga hal tersebut guru harus
mampu menggunakan teknologi IT khusunya bagi guru Informatika. Peran seorang
guru Informatika sangat penting dan menjadi tulang punggung dalam Masa Pandemi
seperti ini.
Pemateri 2 : Dr. Iwan Syahril
(Dirjen GTK Kemendikbud)
Profesi seorang guru harus dapat mengutamakan sebuah hasil dari proses
belajar para siswanya atau peserta didiknya. Sebagai seorang guru kita harus
mencari sebuah inovasi-inovasi baru agar menciptakan suatu hal yang
berkemajuan. Dalam masa pandemi seperti ini, pasti ada rasa tidaknyaman dalam
proses belajar. Maka dari itu kita harus bisa beradaptasi. Dan seraong guru
agar lebih berorientasi kepada peserta didik agar terwujudnya pembelajaran kepada peserta didik, dan
diharapkan dapat menurunkan kecemasan terhadap Teknologi. Dikarenakan dalam
pembelajaran dengan sistem daring seperti ini, peserta didik akan mendapatkan
sarana dan prasarana yang berbeda-beda sesuai kemampuan perekonomian peserta
didik masing-masing. Maka dari itu Inovasi belajar daring harus digerakkan agar
diharapkan peserta didik dapat belajar secara nyaman meskipun perangkat yang
digunakan minim.
Kemedikbud juga bekerjasama dengan beberapa media pembelajaran online, agar
memudahkan para guru maupun siswa di indonesia dalam malakukan proses
pembelajaran, dan bisa diakses secara Gratis. Peran seorang guru Informatika
sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti ini, dikarenakan penggunaan sistem
belajaran daring yang bergantung pada Teknologi, maka seorang guru Informatika
lah yang harus membuat inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran dengan
sistem Daring seperti ini.
Kesimpulan :
Dalam masa Pandemi seperti ini
yang sistem pembelajaran dengan menggunakan Daring atau online, Peran guru
Informatika sangat penting , dikarenakan pembelajaran daring berhubungan dengan
pemanfaatan teknologi. dan guru informatika lah yang sangat dibutuhkan dalam
masa seperti ini.
Comments
Post a Comment