Skip to main content

PERAN GURU INFORMATIKA DALAM KURIKULUM ERA PASCA PANDEMI

 

PERAN GURU INFORMATIKA DALAM KURIKULUM ERA PASCA PANDEMI

Menjadi Tulang Punggung Transformasi Pendidikan.


Pemateri 1 : Prof. Bichardus Eko Indrajit

 

Kelebihan guru informatika adalah selain menjadi guru atau ilmu pendidikan yaitu juga mempunyai ilmu atau skill IT. Dalam masa pandemi seperti ini seorang guru informatika sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran yang menggunakan sistem Daring (online), karena seorang guru informatika yang memiliki ilmu IT yang sangat dibutuhkan dimasa seperti ini.

 

Pola pikir PJJ. Tata kelola dan manajemen PJJ. Pola pikir kita harus berubah karena pendemi seperti ini. Kita harus mencari strategi yang tepat agar proses pembelajaran tetap berjalan walau di masa pandemi. Dengan kondisi seperti siswa ini, diharapkan mempunyai kultur PJJ maksudnya dengan pola pikir tidak mengandalkan kepada guru. Maksud dari Literasi PJJ adalah diri sendirilah yang menjadi guru, lingkungan, masyarakat, internet juga menjadi guru. Peran seorang guru hanyalah sebagai Pengkonfirmasi atau pemberi solusi kepada siswa jika siswa mengalami kesulitan.

 

Teknologi literasi artinya guru harus mengajari anak-anak dari SD sampai kuliah dengan mengajarkan kepada mereka harus mempunyai literasi Teknologi. Karena seorang anak harus diajarkan literasi Teknologi, maka seorang guru juga harus bisa menguasai Literasi Teknologi. Knowladge Depening yaitu anak belajar sendiri dengan mencari bahan pembelajaran di Internet dan mendalami ilmunya secara mandiri. Knowladge creation yaitu membuat sebuah produk / hasil dari belajar mandiri yang menggunakan Teknologi literasi dan Knowladge Depening.

 

Maka dari itu agar anak bisa menerapkan ketiga hal tersebut guru harus mampu menggunakan teknologi IT khusunya bagi guru Informatika. Peran seorang guru Informatika sangat penting dan menjadi tulang punggung dalam Masa Pandemi seperti ini.

 

Pemateri 2 : Dr. Iwan Syahril (Dirjen GTK Kemendikbud)

 

Profesi seorang guru harus dapat mengutamakan sebuah hasil dari proses belajar para siswanya atau peserta didiknya. Sebagai seorang guru kita harus mencari sebuah inovasi-inovasi baru agar menciptakan suatu hal yang berkemajuan. Dalam masa pandemi seperti ini, pasti ada rasa tidaknyaman dalam proses belajar. Maka dari itu kita harus bisa beradaptasi. Dan seraong guru agar lebih berorientasi kepada peserta didik agar terwujudnya  pembelajaran kepada peserta didik, dan diharapkan dapat menurunkan kecemasan terhadap Teknologi. Dikarenakan dalam pembelajaran dengan sistem daring seperti ini, peserta didik akan mendapatkan sarana dan prasarana yang berbeda-beda sesuai kemampuan perekonomian peserta didik masing-masing. Maka dari itu Inovasi belajar daring harus digerakkan agar diharapkan peserta didik dapat belajar secara nyaman meskipun perangkat yang digunakan minim.

 

Kemedikbud juga bekerjasama dengan beberapa media pembelajaran online, agar memudahkan para guru maupun siswa di indonesia dalam malakukan proses pembelajaran, dan bisa diakses secara Gratis. Peran seorang guru Informatika sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti ini, dikarenakan penggunaan sistem belajaran daring yang bergantung pada Teknologi, maka seorang guru Informatika lah yang harus membuat inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran dengan sistem Daring seperti ini.

 

Kesimpulan :

                Dalam masa Pandemi seperti ini yang sistem pembelajaran dengan menggunakan Daring atau online, Peran guru Informatika sangat penting , dikarenakan pembelajaran daring berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. dan guru informatika lah yang sangat dibutuhkan dalam masa seperti ini.

Comments